PEMBANGUNAN RUANG PRAKTEK TATA BUSANA

PEMBANGUNAN RUANG PRAKTEK TATA BUSANA

SEBAGAI

CENTER of EXELLENCE (CoE) SMKN 1 JABON

 

Oleh : Mariana Yuli Pratiwi,S.Pd,MM

Guru Tata Busana

Ruang Praktek  CoE SMKN 1 Jabon  diharapkan memberikan pengalaman siswa sesuai dengan dunia industri yang kelak akan dihadapi saat lulus.

Pembangunan Ruang Praktek Tata Busana sebagai Center of Excellence (CoE) SMKN 1 Jabon diharapkan  dapat memberikan pengalaman siswa SMKN 1 Jabon sesuai dengan dunia industri yang kelak akan dihadapi saat lulus. Fasilitas yang tersedia di dalam Ruang Praktek tersebut memang diatur untuk memenuhi kebutuhan siswa jurusan Tata Busana yang disesuaikan dengan dunia industri yang sebenarnya. Sehingga, saat lulus dari sekolah siswa dapat langsung beradaptasi di dunia kerja sebagai pekerja maupun wirausahawan.

Untuk mewujudkan misi tersebut, tak hanya menyediakan sarana dan prasarana yang memadai saja, Tata Busana juga  menerapkan Model Pembelajaran TEFA ( Teaching Factori) secara mandiri serta berupaya untuk menerapkan budaya kerja berstandart industri dalam pembelajaran.

SMKN 1 Jabon khususnya Tata Busana  juga meningkatkan keahlian siswa dengan bersinergi bersama beberapa industri. Tujuan kerjasama tersebut untuk memberikan pengalaman siswa dunia kerja yang sebenarnya , serta memberikan peluang kerja , melanjutkan sekolah dibidang keahlian dan wirausaha  bagi lulusan siswa nantinya sesuai keahlian yang didapatkan di sekolah.

Bersamaan pembangunan ruang praktek Tata Busana sebagai Center of Excellence (CoE) SMKN 1 Jabon menggandeng (MoU) bersama beberapa industri diantaranya adalah  “STUDIO F+ “, Semarang.  Guru Tata Busana diberi pelatihan tentang desain busana dan pembuatan motif bahan busana secara Digital untuk dapat diajarkan kepada siswa dan diterapkan dalam mengembangkan kompetensi dibidang fashion sebagai produk unggulan Tata Busana. 

Selain pelatihan ,“STUDIO F+ “ bersama Tata Busana telah melakukan Sinkronisasi Kurikulum dengan tujuan agar apa yang diajarkan guru kepada siswa dalam semua  mata pelajaran   dapat memenuhi kebutuhan siswa jurusan Tata Busana yang disesuaikan dengan dunia industri dan guru harus bisa mengikuti tren industri saat ini.

Tata Busana sebagai Center of Excellence (CoE) SMKN 1 Jabon diharapkan  bisa berimbas bagi program keahlian lainnya di SMKN 1 Jabon serta menjadi acuan sekolah lainnya mulai dari metode pengajaran dan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *