Dharmawanita SMKN 1 Jabon Membuat Batik Jumputan

Kegiatan Dharmawanita dalam membuat batik jumputan terbagi dalam beberapa waktu, yaitu menjumput atau mengikat kain, mewarna kain batik, dan memperagakan kain batik yang telah dibuat.

Proses menjumput atau mengikat kain dilaksanakan pada Jumat 24 September 2021 di Aula Kaca SMKN 1 Jabon. Sedangkan proses pewarnaan dilakukan pada pertemuan Dharmawanita selanjutnya. Sebab, proses menjumput itu memerlukan waktu yang tidak sedikit.

Jumat, 1 Oktober 202 Ibu-ibu anggota Dharmawanita SMKN 1 Jabon mengawali pagi dengan senam sehat. Dilanjutkan dengan pengarahan langkah-langkah membuat batik jumputan yang disampaikan oleh Bu Tri.
Bu Tri sebagai kaprodi kriya kreatif batik dan tekstil memandu ibu-ibu dalam proses pembuatan batik jumputan di Jurusan Kriya Kreatif Kulit SMKN 1 Jabon. Beberapa guru yang mengalami kesulitan juga didampingi oleh Pak Tamam.
Adapun langkah-langkah pembuatan batik jumputan yaitu, merendam kain dalam air bersih, pencampuran zat-zat, dan merendam kain pada 2 zat pada wadah berbeda. Proses tersebut sangat penting karena terkait dengan kepekatan dan warna yang rata.
Proses terakhir mengeringkan kain yang sudah diwarna kurang lebih 1 jam. Kemudian dilanjut proses pengeringan di rumah untuk dijadikan baju batik yang cantik dan unik sesuai karakter guru di acara HUT Dharmawanita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.